SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELURAHAN MANGGAR BARU KECAMATAN BALIKPAPAN TIMUR

SK STANDAR PELAYANAN KELURAHAN

PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN

KECAMATAN BALIKPAPAN  TIMUR

KELURAHAN MANGGAR BARU

Jl. Pesut RT.021 Telp/ Fax .0542-743166 Balikpapan 76116

 

KEPUTUSAN LURAH MANGGAR BARU

NOMOR: 188.46/76/2021

 

TENTANG

PENETAPAN STANDAR PELAYANAN DAN MAKLUMAT PELAYANAN

KELURAHAN MANGGAR BARU

 

LURAH MANGGAR BARU,

Menimbang

:

a.

bahwa untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan untuk memberikan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan, setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menetapkan standar pelayanan;

 

 

b.

bahwa sebagaitolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukurmaka perlu ditetapkan Keputusan Lurah tentang Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan di lingkungan Kelurahan Manggar Baru.

Mengingat

:

1.

Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-Undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan (lembaran negara Republik Indonesia Tahun 1953 nomor 9) sebagai Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1959 Nomor 72, Tambahan Lembaran Negara  Republik Indonesia nomor 1820);

 

 

 

2.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indoensia Tahun 2014 Nomor 244, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);

 

 

3.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

 

 

4.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;

 

 

5.

Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor 13 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik;

 

 

6.

Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 17 Tahun 2013 tentang Penyusunan Standar Operasional Prosedur, Standar Pelayanan dan Etika Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan;

 

 

7.

Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 57 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Kecamatan.

Memperhatikan

:

 

Berita Acara Rapat Pembahasan Standar Pelayanan Kelurahan Manggar Baru bersama unsur masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2019.

 

 

 

 

 

 

 

MEMUTUSKAN

Menetapkan

:

 

 

Kesatu

:

Standar dan Maklumat Pelayanan pada Kelurahan Manggar Baru adalah sebagaimana tercantum dalam lampiran Keputusan ini.

Kedua

:

Standar Pelayanan pada Kelurahan Manggar Baru meliputi ruang lingkup:

  1. Layanan Penerbitan Surat Keterangan Bertempat Tinggal Sementara;
  2. Layanan Penerbitan Surat Keterangan Domisili Usaha untuk Usaha Berbadan Hukum;
  3. Layanan Penerbitan Surat Keterangan;
  4. Layanan Penerbitan Surat Keterangan Untuk Nikah;
  5. Layanan Surat Pernyataan Ahli Waris;
  6. Layanan Surat Kuasa Ahli Waris

Ketiga

:

Standar dan Maklumat Pelayanan sebagaimana terlampir dalam Lampiran Keputusan ini wajib dilaksanakan oleh penyelenggara dan pelaksana layanan serta menjadi pedoman dalam penilaian kinerja pelayanan oleh Lurah Manggar Baru.

Keempat

:

Keputusan ini berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

           Ditetapkan di : Balikpapan

Pada tanggal  : 02 Agustus 2021

LURAH MANGGAR BARU,

 

 

Drs. AHMAD MAULUDDIN

M

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN I

KEPUTUSAN LURAH MANGGAR BARU             NOMOR 188.46/76/2021

TENTANG PENETAPAN STANDAR PELAYANAN DAN MAKLUMAT PELAYANAN KELURAHAN MANGGAR BARU

 

 

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Bertempat Tinggal Sementara

No

Komponen

Uraian

1

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  2. Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 57 Tahun 2016 tentang Susunan, Uraian Tugas dan Fungsi Kecamatan.

2.

Persyaratan

  1. Surat Pengantar RT
  2. Fotokopi e-KTP dan KK asal
  3. Fotokopi KK penjamin
  4. Pasphoto 3x4 sebanyak 2 lembar
  5. Surat Pernyataan Jaminan Tempat Tinggal

3

Prosedur

  1. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan ke petugas loket;
  2. Verifikasi kelengkapan berkas persyaratan;
  3. Proses penandatanganan oleh pejabat Kelurahan;
  4. Penyerahan Surat Keterangan Untuk Bertempat Tinggal Sementara kepada Pemohon.

4

Jangka Waktu Penyelesaian

15 menit setelah berkas dinyatakan lengkap dan benar

5

Biaya/Tarif

Rp 0 (gratis)

6

Produk Pelayanan

Surat Keterangan Untuk Bertempat Tinggal Sementara

7

Sarana/prasarana dan/atau Fasilitas

  1. Ruang pelayanan
  2. Perangkat komputer
  3. Kursi ruang tunggu
  4. Nomor antrian
  5. Papan Standar Pelayanan
  6. Toilet
  7. Ruang laktasi
  8. Perpustakaan
  9. Ruang Pengaduan
  10. TV

8

Kompetensi pelaksana

  1. Memahami dan menjunjung nilai-nilai dan etika pelayanan (responsif, humanis, profesional, berintegritas, 3S);
  2. Mengetahui Standar Operasional Prosedur Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Untuk Bertempat Tinggal Sementara;
  3. Mampu mengoperasikan komputer;
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik, lisan maupun tulisan;
  5. Berseragam rapi

9

Pengawasan Internal

  1. Lurah melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi (setiap bulan) dan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap penting untuk dilaksanakan rapat;
  2. Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik untuk mengawasi pelayanan di front office/ruang pelayanan;

10

Jumlah Pelaksana

1 orang petugas loket

1 orang verifikator berkas

 

11

Jaminan Pelayanan

  1. Maklumat pelayanan
  2. Pakta integritas
  3. Motto pelayanan
  4. Komitmen menolak gratifikasi

12

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Komputer yang digunakan terinstal peranti lunak antivirus;
  2. Surat Keterangan Untuk Bertempat Tinggal Sementara dicetak pada kertas berlogo Pemerintah Kota Balikpapan dan distempel sesuai pedoman tata naskah yang berlaku di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan;
  3. Salinan/arsip fisik Surat Pernyataan Ahli Waris tersimpan dalam lemari arsip dan dikelola sesuai dengan tata cara pengarsipan sederhana;
  4. Surat Keterangan Untuk Bertempat Tinggal Sementara ditandatangani oleh Lurah, Sekretaris, Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat

13

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi atas hasil survei kepuasan masyarakat yang bersifat seketika;
  2. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat oleh Bagian Organisasi Setdakot Balikpapan setahun sekali;
  3. Rapat evaluasi setiap bulan sekali oleh Lurah.

14

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Nomor Telepon / SMS: 081347802506

Alamat surat : Jl. Pesut RT.21 Manggar Baru Kec.Baltim

Email : Kelurahan Manggar Baru@yahoo.co.id

Website: http://manggarbaru.balikpapan.go.id

Media Sosial

Instagram

:

kelurahanmanggarbaru

Facebook 

:

Kelurahan ManggarBaru

Twitter     

:

@BaruManggar

Blog         

:

manggar-baru.blogspot.com

 

Kotak Saran yang tersedia di ruang pelayanan

 

 

 

 

 

LAMPIRAN II

KEPUTUSAN LURAH MANGGAR BARU

NOMOR 188.46/76/2021

TENTANG PENETAPAN STANDAR PELAYANAN DAN MAKLUMAT PELAYANAN KELURAHAN MANGGAR BARU

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan PenerbitanSurat Keterangan Domisili Usaha untuk Usaha Berbadan Hukum

No

Komponen

Uraian

1

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  1. Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 57 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Kecamatan.

2.

Persyaratan

  1. Surat Pengantar dari Ketua RT;
  2. FotokopiKTP-el dan fotokopi Kartu Keluarga;
  3. FotokopiAkta Pendirian Badan Usaha;
  4. FotokopiNPWP Badan Usaha;
  5. Fotokopi IMB Badan Usaha;
  6. Fotokopisertifikat tanah/fotokopi perjanjian sewa;
  7. Fotokopi SIUP;
  8. Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan.

3

Prosedur

  1. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan ke petugas loket;
  2. Verifikasi kelengkapan berkas persyaratan;
  3. Peninjauan lapangan oleh tim Kelurahan;
  4. Proses penandatanganan oleh pejabat Kelurahan;
  5. Penyerahan Keterangan Domisili Usaha kepada Pemohon.

4

Jangka Waktu Penyelesaian

90 Menit

* waktu pelaksanaan peninjauan disepakati bersama dengan pemohon

5

Biaya/Tarif

Rp 0 (gratis)

6

Produk Pelayanan

Surat Keterangan Domisili Usaha

7

Sarana/prasarana dan/atau Fasilitas

  1. Ruang pelayanan
  2. Perangkat komputer
  3. Kursi ruang tunggu
  4. Nomor antrian
  5. Papan Standar Pelayanan
  6. Toilet
  7. Ruang laktasi
  8. Perpustakaan
  9. Ruang Pengaduan
  10. TV

8

Kompetensi pelaksana

  1. Memahami dan menjunjung nilai-nilai dan etika pelayanan (responsif, humanis, profesional, berintegritas, 3S);
  2. Mengetahui Standar Operasional Prosedur Pelayanan Penerbitan Keterangan Domisili Usaha;
  3. Mengetahui Standar Operasional Presedur Peninjauan Lapangan;
  4. Mampu mengoperasikan komputer;
  5. Mampu berkomunikasi dengan baik, lisan maupun tulisan.
  6. Berseragam rapi

9

Pengawasan Internal

  1. Lurah melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi (setiap bulan) dan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap penting untuk dilaksanakan rapat;
  2. Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik untuk mengawasi pelayanan di front office/ruang pelayanan dan untuk verifikasi berkas permohonan;
  3. Kasi Pemberdayaan Masyarakat / Trantib-LH untuk mengawasi proses peninjauan lapangan;

10

Jumlah Pelaksana

1 orang petugas loket

2 orang petugas peninjau lapangan

1 orang verifikator

 

11

Jaminan Pelayanan

  1. Maklumat pelayanan
  2. Pakta integritas
  3. Motto pelayanan
  4. Komitmen menolak gratifikasi

12

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Surat Keterangan Domisili Usaha dicetak di kertas berlogo Pemerintah Kota Balikpapan dan distempel sesuai dengan pedoman tata naskah dinas yang berlaku di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan;
  2. Salinan/arsip fisik Surat Pernyataan Ahli Waris tersimpan dalam lemari arsip dan dikelola sesuai dengan tata cara pengarsipan sederhana;
  3. Komputer yang digunakan telah terinstal peranti lunak antivirus;
  4. Petugas peninjauan lapangan menggunakan pakaian dinas pemerintah Kota Balikpapan, tanda pengenal, papan nama dan membawa Surat Tugas dari Kelurahan.

13

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi atas hasil survei kepuasan masyarakat yang bersifat seketika;
  2. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat oleh Bagian Organisasi Setdakot Balikpapan setahun sekali;
  3. Rapat evaluasi setiap bulan sekali oleh Lurah.

14

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Nomor Telepon / SMS: 081347802506

Alamat surat : Jl. Pesut RT.21 Manggar Baru Kec.Baltim

Email : kelurahan.manggarbaru@yahoo.co.id

Website: http://manggarbaru.balikpapan.go.id

Media Sosial

Instagram

:

kelurahanmanggarbaru

Facebook 

:

Kelurahan ManggarBaru

Twitter     

:

@BaruManggar

Blog         

:

manggar-baru.blogspot.com

 

Kotak Saran yang tersedia di ruang pelayanan

 

 

LAMPIRAN III

KEPUTUSAN LURAH MANGGAR BARU

NOMOR 188.46/76/2021

TENTANG PENETAPAN STANDAR PELAYANAN DAN MAKLUMAT PELAYANAN KELURAHAN MANGGAR BARU

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan

No

Komponen

Uraian

1

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  2. Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 57 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Kecamatan.

2.

Persyaratan

Persyaratan Umum:

 

  1. Surat Pengantar dari Ketua RT;
  2. Fotokopi KTP-el dan fotokopi Kartu Keluarga;
  3. Surat Pernyataan Pemohon.

Persyaratan Tambahan:

 

  1. Berkas tambahan sesuai kebutuhan surat keterangan yang dimohonkan.

3

Prosedur

  1. Pemohon menyerahkan berkas persyaratan ke petugas loket;
  2. Verifikasi kelengkapan berkas persyaratan;
  3. Proses penandatanganan oleh pejabat Kelurahan;
  4. Penyerahan Surat Keterangan kepada Pemohon.

4

Jangka Waktu Penyelesaian

30 Menit

5

Biaya/Tarif

Rp 0 (gratis)

6

Produk Pelayanan

Surat Keterangan

7

Sarana/prasarana dan/atau Fasilitas

  1. Ruang pelayanan
  2. Perangkat komputer
  3. Kursi ruang tunggu
  4. Nomor antrian
  5. Papan Standar Pelayanan
  6. Toilet
  7. Ruang laktasi
  8. Perpustakaan
  9. Ruang Pengaduan
  10. TV

8

Kompetensi pelaksana

  1. Memahami dan menjunjung nilai-nilai dan etika pelayanan (responsif, humanis, professional, berintegritas, 3S);
  2. Mengetahui Standar Operasional Prosedur Pelayanan Penerbitan Keterangan;
  3. Mampu mengoperasikan komputer;
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik, lisan maupun tulisan.
  5. Berseragam rapi

9

Pengawasan Internal

  1. Lurah melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi (setiap bulan) dan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap penting untuk dilaksanakan rapat;
  2. Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik untuk mengawasi pelayanan di front office/ruang pelayanan dan untuk verifikasi berkas permohonan;

10

Jumlah Pelaksana

1 orang petugas loket

1 orang verifikator

 

11

Jaminan Pelayanan

  1. Maklumat pelayanan
  2. Pakta integritas
  3. Motto pelayanan
  4. Komitmen menolak gratifikasi

12

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1. Surat Keterangan dicetak di kertas berlogo Pemerintah Kota Balikpapan dan distempel sesuai dengan pedoman tata naskah dinas yang berlaku di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan;
  2. Salinan/arsip fisik Surat Pernyataan Ahli Waris tersimpan dalam lemari arsip dan dikelola sesuai dengan tata cara pengarsipan sederhana;
  3. Komputer yang digunakan telah terinstal peranti lunak antivirus;

13

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi atas hasil survei kepuasan masyarakat yang bersifat seketika;
  2. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat oleh Bagian Organisasi Setdakot Balikpapan setahun sekali;
  3. Rapat evaluasi setiap bulan sekali oleh Lurah.

 

14

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Nomor Telepon / SMS: 081347802506

Alamat surat : Jl. Pesut RT.21 Manggar Baru Kec.Baltim

Email : kelurahan.manggarbaru@yahoo.co.id

Website: https://manggarbaru.balikpapan.go.id

Media Sosial

Instagram

:

kelurahanmanggarbaru

Facebook 

:

Kelurahan ManggarBaru

Twitter     

:

@BaruManggar

Blog         

:

manggar-baru.blogspot.com

 

Kotak Saran yang tersedia di ruang pelayanan

 

 

LAMPIRAN IV

KEPUTUSAN LURAH MANGGAR BARU

NOMOR 188.46/76 /2021

TENTANG PENETAPAN STANDAR PELAYANAN DAN MAKLUMAT PELAYANAN KELURAHAN MANGGAR BARU

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Surat Keterangan Untuk Nikah

No

Komponen

Uraian

1

Dasar Hukum

  • Whistleblower